5 Fakta Unik Otak Manusia yang Mencengangkan.

Posted by

5 Fakta Unik Otak Manusia |Sobat otak
manusia adalah hal yang terhebat, banyak ilmuwan menghabiskan waktu mereka untuk meneliti otak manusia, banyak sekali hal-hal unik dan menarik tentang otak manusia. Otak juga salah satu Organ inti dari tubuh manusia Semua yang kita lakukan Otaklah yang memerintahkan, (kecuali detak nadi, detak jantung dan aliran darah ya sobat), otak terbagi menjadi tiga bagian yaitu Otak Besar (Cerebrum) Otak Kecil (Cerebellum) Batang Otak (Brainstem) Sistem Limbik ( Limbic System), Berikut ini adalah fakta unik tentang Otak Manusia.

http://bacaan-hari.blogspot.com/



1. Alasan Badboy Lebih Menarik
http://bacaan-hari.blogspot.com/
Para ilmuwan melakukan penelitian dengan dua kelompok lak-laki. Kelompok pertama mereka diperintahkan untuk berjalan di sebuah jembatan yang aman dan Kelompok yang kedua mereka diperintahkan untuk berjalan di sebuah jembatan gantung yang berbahaya, Ketika Selesai para penguji Melakukan pengujian, yaitu wawancara yang dilakukan oleh beberapa wanita berpenampilan menarik. Bagi mereka pria yang berjalan di jembatan yang aman, tidak ada perubahan yang berarti. Tapi bagi mereka yang berjalan di jembatan yang berbahaya, terjadi perubahan yang signifikan. Saat di wawancara obrolan mereka mulai agak “menjurus”. Mereka menjadi lebih “agresif” dalam artian lebih berani mendekati dan menggoda yang mewawancara.
Setelah diteliti, rasa takut membuat otak melepaskan zat Dopamin. Zat ini dikenal sebagai zat yang meningkatkan rasa bahagia, dan gairah. Itulah sebabnya  kenapa para wanita lebih suka suka dengan bad boy. Rasa takut dan tantangan yang mereka alami, membuat otak melepaskan dopamin, sehingga para bad boy terlihat lebih menggairahkan.

2. Bayi Lebi Pintar dari Orang Dewasa
http://bacaan-hari.blogspot.com/

Sobat saat baru lahir, kepala bayi pasti lebih besar daripada badannya. Meskipun ukuran otak mereka lebih kecil dari orang dewasa, otak bayi memiliki lebih banyak sambungan syaraf. Bayi juga memiliki lebih sedikit “Inhibitory neurotransmitters”, yang membuat mereka menjadi jauh lebih peka terhadap sekeliling mereka. Itulah kenapa banyak orang bilang bahwa bayi bisa melihat makhluk-makhluk seperti jin atau malaikat.Saat bertambah umur, syaraf akan “memangkas” dirinya sendiri dan hanya menyisakan syaraf-syaraf yang sering dipakai, dan menghilangkan yang jarang dipakai. Konon saat sejak lahir, bayi akan mampu mengeluarkan suara apa saja dari bahasa apa saja. Tetapi kemampuan ini kemudian menghilang seiring waktu sobat.

3. Neuron Otak Adalah Kanibal
http://bacaan-hari.blogspot.com/

Disaat Sobat merasa lapar, neuron (impuls listrik) di otak sobat pun akan demikian. Bahkan sebenarnya rasa lapar itu tercipta dari neuron yang butuh asupan energi. Karena saat sobat membutuhkan makan, neuron akan mulai melepaskan sejenis zat yang gunanya untuk menelan dirinya sendiri Ihh Seram.
Karena inilah kemudian perut Sobat mulai merasakan lapar, tubuh Sobat terasa lemah lemas tak berdaya (haha), asam lambung naik, ketika dienggol Ingin Marah(becanda). Namun hal ini cukup berbeda disaat kita sedang puasa, neuron jadi tidak ganas-ganas memakan dirinya sendiri. Mungkin karena otak sendiri sudah mensuggestikan neuron untuk “tenang”.
Jika Neuron terus dibiarkan kelaparan, maka akan timbul kelainan-kelainan pada otak. Hal inilah yang menimbulkan penyakit seperti Anorexia Nervosa dan Bulimia.

4. Rasa Sakit (auuu)
http://bacaan-hari.blogspot.com/

Pernah di cubit sobat, dipukul atau terjepit? munkin sobat mengira bahwa saraf mengirimkan rasa sakit ke otak untuk merasakannya. Namun sekarang, para ilmuwan percaya bahwa otak sendirilah yang menciptakan rasa sakit itu. Karena pada beberapa kasus, beberapa kerusakan di bagian tubuh tidaklah menimbulkan rasa sakit, karena otak menganggap hal itu sebagai “ancaman”
Jadi, rasa sakit hanya akan kita rasakan jika otak menganggap hal itu sebagai “ancaman” yang berbahaya bagi tubuh kita sobat. Rasa sakit ini akan membuat kita “aware” dan melakukan tindakan proteksi kepada diri sendiri.



5. Otak Terus Berubah

http://bacaan-hari.blogspot.com/Ini lah penyebab kenapa peneliti begitu tertarik dengan otak manusia karena otak terus berubah hari demi hari. Dalam sebuah proses yang bernama neurogenesis, otak kita terus menambahkan ratusan ribu neuron baru selama hidup kita, dan ada pula neuron yang mati. Hal ini berarti bahwa orang yang berumur 90 tahun bisa saja memiliki neuron yang sama dengan mereka yang berumur 40 tahun, hanya saja dengan “koneksi” yang lebih lambat.
Namun Sobat perubahan-perubahan ini membuat otak sendiri juga rentan terhadap kelainan-kelainan. Kelainan ini bisa muncul kapan saja tergantung dari faktor genetik dan lingkungan. Kelainan-kelainan bisa mencapai ratusan macam, antara lain: dimentia, bipolar, quadriplegia, aphasia, alzheimer, parkinson, dan lain lain

Itu lah sobat Fakta unik tentang otak semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat. Terimakasih


Blog, Updated at: 20:37:00

^^ Berkomentarlah dengan Bijak,
^^ Gunakan Kata yang Sopan
^^ Tidak mengandung unsur SARA

Terimakasih

Page Viewers

Flag Counter