5 Fakta Unik Waktu yang Harus di Ketahui

Posted by

5 Fakta Unik Waktu | Sobat apa menurut
sobat tentang Waktu? tidak ada ujungnya membahas soal waktu kita sangat terpaut dengan waktu untuk mengingat sesuatu hal untuk untuk mengurutkan sesuatu hal, bahkan waktu menjadi penelitian diberbagai bidang sobat, seperti Sains, filsafat, agama, sedikit yang percaya bahwa waktu salah satu inti dari alam semesta sobat. Jam adalah waktu Hari adalah waktu malam, siang, pagi, sore juga adalah waktu. berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang waktu sobat.

http://bacaan-hari.blogspot.com/


1. Jam "ATOM" menjadi penanda waktu di Bumi.
http://bacaan-hari.blogspot.com/

    Saat melakukan penelitian objek luar angkasa atau melakukan penelitian pra-Sejarah, ilmuwan menggunakan jam paling akurat di bumi sebagai patokan waktu, saat ini sobat jam tersebut Tersimpan dengan aman di National Institute of Standard and Technology di Colorado Amerika
   Tunggu dulu sobat jangan bayangkan jam tersebut sama seperti jam sobat dirumah yang menggantung di dinding karta jam atom yang bernama NIST-F1 ini berukuran beberapa meter dan memiliki beberapa tabung raksasa 

2. Grafitasi Mempengaruhi Kecepatan Waktu
http://bacaan-hari.blogspot.com/

    Siapa yang tidak Tahu Albert Einstein ia menyatakan bila grafitasi dapat membuat waktu berjalan lambat dari seharusnya
Saat mendekati pada sebuah sumber gravitasi yang mengeluarkan daya tarik yang sangat besar, secara otomatis waktu akan berjalan dengan lebih lambat. Contoh, saat manusia bergerak mendekati inti bumi, waktu bergerak lebih lambat dari saat manusia berada di daratan. Begitu pula saat manusia terbang menggunakan pesawat, waktu berjalan lebih cepat.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan jam atom, gravitasi yang lebih lemah di angkasa membuat waktu 'terbang' lebih cepat hingga beberapa nano detik. Jika jam atom dibawa ke tempat dengan ketinggian yang berbeda, maka waktu yang ditunjukkan pun berbeda

3. Waktu baru muncul setelah peristiwa "BIG BANG"
http://bacaan-hari.blogspot.com/

    Sobat tahukah waktu baru terjadi setelah ledakan dahsyat yang menandai awal mula terbentuknya alam semesta atau 'Big Bang' terjadi
    Ilmuwan percaya apabila waktu dan ruang terhubung dan tidak dapat dipisahkan keberadaannya antara satu dengan yang lain. Keberadaan ruang juga menjadi indikasi kehadiran gerak. Saat Big Bang terjadi 13,7 miliar tahun silam, ledakan dahsyat yang dihasilkannya membentuk ruang-ruang dan gerakan di alam semesta. Ledakan Big Bang dipercaya memulai seluruh gerakan benda di alam semesta dari sebuah titik mungil. Oleh sebab itu, manusia tidak bisa mengukur waktu sebelum Big Bang.

4. Otak Buat Manusia Hidup di Masa Lalu
http://bacaan-hari.blogspot.com/

Pernahkah sobat mengalami 'game over' saat bermain game, padahal sobat merasa sudah memencet tombol "lari" tetapi avatar game sobat gagal melakukannya. Jika iya,? maka sobat dalam waktu yang sangat singkat berada di masa lalu.
Menurut penelitian dari ahli saraf bernama David Eagleman, setiap manusia hidup sekitar 80 mili detik (0,08 detik) di masa lalu. Selama itu otak berhenti sama sekali.
Hal ini disebabkan otak kita membutuhkan jangka waktu tersebut untuk memproses sebuah rangsangan. Oleh sebab itu, saat bermain game di sebuah layar monitor yang mempunyai kecepatan frame lebih cepat dari 0,08 detik (monitor HD bisa mencapai 0.05 fps), otak kita terlambat dalam merespon sehingga tanpa kita sadari kita memencet tombol pada 'loncat' saat karakter sudah terjatuh.
Contoh lainnya adalah saat kita bertepuk tangan. Kita dapat melihat gerakan tangan dan mendengar suara dalam waktu yang bersamaan. Padahal seperti yang diketahui, cahaya yang membuat kita dapat melihat benda (tangan) mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dari suara. Jadi, jika manusia tidak 'hidup' di masa lalu selama 0,08 detik, suara baru akan terdengar beberapa saat setelah mata melihat tangan saling bertepuk.

5. Waktu di Bumi semakin Melambat akibat Bulan
http://bacaan-hari.blogspot.com/

Bulan memang sangat berguna bagi bumi. Tanpa bulan mungkin bumi sudah lama berbenturan dengan planet lain akibat revolusi yang tidak stabil. Namun, bulan ternyata juga menyebabkan waktu di bumi berjalan lebih lambat tiap abadnya.
Gaya tarik menarik antara bumi dan bulan yang menyebabkan perubahan gelombang laut di bumi dipercaya membuat siang di bumi bertambah lama 2 mili detik setiap seratus tahun. Mungkin untuk saat ini dampaknya bagi manusia belum terasa, tetapi dalam 200 juta tahun satu hari di bumi bisa menjadi 25 jam.


Blog, Updated at: 18:06:00

1 komentar:

  1. DAMQQ adalah Situs Domino Dan Poker Online Terpercaya , Dengan pelayanan dari customer service kami yang ramah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda serta memberi kenyamanan bermain kepada member-member kami sudah menjadi prioritas kami.
    Kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan bermain di DAMQQ
    Master Agen POKER Online Terpercaya
    LINK ALTERNATIF : http://199.188.201.250/idpro
    Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
    Live Chat : http://199.188.201.250/damqq
    WA : +6282110167985
    WA : +855885578926
    Kunjungi Juga : http://199.188.201.250/togel

    ReplyDelete

^^ Berkomentarlah dengan Bijak,
^^ Gunakan Kata yang Sopan
^^ Tidak mengandung unsur SARA

Terimakasih

Page Viewers

Flag Counter